Syarat Kambing Aqiqah yang Sesuai dengan Syariat Islam

tips jumlah kambing hewan aqiqah

Syarat kambing atau domba aqiqah adalah salah satu aspek esensial yang harus orang tua ketahui sebelum memilih hewan aqiqah.

Penggunaan kambing/domba sebagai hewan untuk aqiqah merupakan pernyataan mayoritas ulama. 

Kadang kala ada yang memilih kambing yang tidak sesuai dengan syariat dengan berbagai alasan terutama karena harganya yang terjangkau. 

Tentu jika ingin melaksanakan aqiqah, orang tua harus mengetahui syarat kambing yang boleh dipakai untuk aqiqah. 

Penting bagi orang tua untuk mengetahuinya karena hal ini mempengaruhi keabsahan aqiqah tersebut. Adapun syarat kambing yang perlu para orang tua ketahui dan perhatikan adalah sebagai berikut.

Syarat Umur Kambing Untuk Aqiqah

hewan aqiqah sesuai syariat dan ketentuan

Pertama-tama, orang tua harus mengetahui umur dari kambing sebelum memilih kambing. Masalah kecukupan umur masuk kedalam syarat dan ketentuan hewan untuk pelaksanaan aqiqah. 

Syarat umur kambing yang cukup untuk aqiqah adalah setidaknya berusia satu tahun sedangkan untuk domba setidaknya sudah berusia enam bulan. Hal ini berdasarkan hadits nabi yang berbunyi

“Janganlah kalian menyembelih kecuali ‘musinnah’, kecuali jika hal tersebut sulit bagi kalian maka sembelihlah ‘jadza’ah’ dari domba.” (HR. Muslim No. 1963)

‘Musinnah’ berarti hewan sudah memasuki tahun kedua sedangkan ‘Jadza’ah’ berarti hewan sudah memasuki bulan ketujuh. Maka dari itu dapat kita ketahui usia untuk kambing minimal 1 tahun dan domba minimal 6 bulan.

Kondisi Kesehatan dan Fisik Hewan Aqiqah

seputar tips dan trik jumlah hewan kambing aqiqah

Syarat yang berikutnya adalah terkait dengan kondisi fisik dan kesehatan kambing tersebut. Hewan untuk aqiqah haruslah dalam kondisi sehat secara jasmani dan tidak ada cacat padanya yang akan mengurangi nilai dari hewan tersebut. Rasulullah SAW. bersabda

“Ada empat cacat yang tidak dibolehkan pada hewan kurban: (1) buta sebelah dan jelas sekali kebutaannya, (2) sakit dan tampak jelas sakitnya, (3) pincang dan tampak jelas pincangnya, (4) sangat kurus sampai-sampai tidak punya sumsum tulang.” (HR. Ahmad, Abu Dawud, Tirmidzi, Nasa’i, dan Ibnu Majah)

Untuk itu, hewan yang boleh digunakan adalah hewan dengan kondisi fisik yang sempunrna dan sehat secara jasmani

Baca Juga : Tips Memilih Kambing Aqiqah

Jumlah Kambing Untuk Aqiqah

Terakhir adalah terkait dengan jumlah kambing/domba untuk pelaksanaan aqiqah yang harus orang tua ketahui. Ketentuan jumlah kambing untuk aqiqah berbeda tergantung jenis kelamin dari bayi. 

Ketentuan jumlah hewan untuk laki-laki adalah dua ekor kambing atau domba sedangkan untuk bayi perempuan hanya seekor kambing. Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah SAW. yang berbunyi

“Barangsiapa di antara kalian yang ingin menyembelih (kambing) karena kelahiran bayi maka hendaklah ia lakukan untuk laki-laki dua kambing yang sama dan untuk perempuan satu kambing.” (HR. Abu Dawud, Nasa’i, Ahmad)

Hadits di atas sudah cukup menjelaskan tentang jumlah hewan untuk aqiqah, para ulama juga berpendapat demikian terkait hal tersebut.

Hewan untuk aqiqah sebaiknya diolah terlebih dahulu menjadi hidangan siap santap sebelum dibagikan kepada yang lain. Karena anjurannya adalah membagikannya kepada yang membutuhkan, maka akan lebih baik jika hidangan siap santap. 

Orang tua dapat mengolahnya sendiri ataupun dengan pesan di jasa aqiqah seperti Medina Aqiqah yang menyediakan beragam menu dan paket aqiqah modern.

Dengan mengetahui syarat-syarat tersebut, orang tua dapat mempersiapkan kambing sesuai dengan syariat.

call us

Hubungi
Customer Service Official Medina Aqiqah

Contact us

Hubungi Kami Melalui Whatsapp Official Medina Aqiqah

Total Views: 34 ,