Hikmah Aqiqah Yang Penting Kita Semua Ketahui

pelaksanaan aqiqah anak laki-laki sesuai sunnah

Hikmah Aqiqah – Aqiqah adalah amalah sunnah Rasulullah yang pelaksanaannya biasanya pada hari ketujuh setelah kelahiran sang anak. Aqiqah memiliki ketentuan yang jelas dalam beberapa hadits Nabi SAW.. 

Hukum dari pelaksanaan aqiqah sendiri adalah Sunnah Muakkad berdasarkan pendapat ulama mazhab Syafi’i. Adapun dalil tentang aqiqah adalah sebagai berikut.

غن سَمُرَةَ بْنِ جُنْدُبٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ « كُلُّ غُلاَمٍ رَهِينَةٌ بِعَقِيقَتِهِ تُذْبَحُ عَنْهُ يَوْمَ سَابِعِهِ وَيُحْلَقُ وَيُسَمَّى 

Dari Samuroh bin Jundub, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Setiap anak tergadaikan dengan aqiqahnya, disembelihkan untuknya pada hari ketujuh,
digundul rambutnya dan diberi nama.”

Adapun salah satu hikmah yang terdapat pada pelaksaan aqiqah adalah sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT. karena telah mengaruniakan anak kepada orang tua tersebut. 

Selain itu, masih terdapat beberapa hikmah bagi orang tua maupun sang anak dalam pelaksanaan aqiqah. 

Melansir sebagian dari Kumparan.com, anjuran melaksanakan ibadah aqiqah mengandung beberapa hikmah yang penting, antara lain sebagai berikut:

Aqiqah Sebagai Tebusan Bagi Anak

Pelaksanaan aqiqah ini adalah sebagai tebusan bagi anak yang baru lahir yang statusnya tergadai. maka dari itu, terdapat pelaksanaan aqiqah yang salah satu tujuannya untuk menebus anak yang tergadai tersebut. Dengan menebus sang anak, maka niscaya Allah SWT. menerima syafaat kedua orang tuanya kelak pada hari akhir.

Baca Juga : Hukum Aqiqah Anak Lelaki dengan Seekor Kambing

Upaya Menghidupkan Sunnah Rasul

Seperti yang kita telah ketahui bahwasanya hukum pelaksanaan aqiqah adalah sunnah muakkad. Dengan melaksanakan aqiqah, maka kita telah menghidupkan sunnah dan teladan Rasulullah SAW. yang itu juga adalah salah satu bentuk ungkapan rasa cinta kita terhadap Nabi Muhammad SAW. dan juga kepada Islam. 

Aqiqah merupakan salah satu Sunnah yang pernah Rasul contohkan saat mengaqiqahi kedua cucu-Nya. Maka dari itu, dengan melaksanakan aqiqah orang tua akan mendapatkan pahala yang besar dan sang anak pun akan mendapatkan keberkahan.

Baca Juga : Waktu Pelaksanaan Aqiqah Sesuai Sunnah

Hikmah Aqiqah Sebagai Wujud Rasa Syukur dan Taqarrub

Sebagaimana telah kami sebelumnya, bahwa salah satu hikmah pelaksanaan aqiqah adalah sebagai bentuk rasa syukur untuk Allah SWT. Maksud dari rasa syukur tersebut adalah adalah rasa syukur terkait anugerah kelahiran seorang bayi di suatu keluarga. 

Aqiqah berperan sebagai sarana menampilkan rasa senang yang karena karunia Allah berupa generasi penerus bagi sang orang tua. Terlepas daripada itu, aqiqah juga dapat diartikan sebagai wujud taqarrub atau pendekatan diri pada Allah serta bukti ketaatan dalam menjalankan perintah-Nya.

Baca Juga : Berikut Tips & Trik Melaksanakan Aqiqah

Hikmah Aqiqah Mempererat Persaudaraan

Pada acara pelaksanaan aqiqah kita akan mengundang banyak orang yang akan mempererat tali persaudaraan di antara mereka. Melalui pertemuan ini yang diharapkan akan mempererat tali persaudaraan antar tetangga. Atau jika tidak melaksanakan acara, setidaknya kita yang melaksanakan aqiqah dapat mempererat tali persaudaraan melalui sajian aqiqah untuk para tetangga.

Demikian beberapa hikmah yang bisa kita dapatkan dari pelaksanaan aqiqah. Tentu saja semua ini akan memberikan manfaat kepada kita baik secara langsung maupun tidak. 

Jika kita mampu, maka laksanakanlah aqiqah sesegera mungkin untuk mematuhi perintah Allah SWT. melalui Rasul-Nya. Dan jika belum mampu, maka boleh untuk menunda untuk melaksanakan aqiqah. Ingin pesan aqiqah? Pesan di Medina Aqiqah.

call us

Hubungi
Customer Service Official Medina Aqiqah

Contact us

Hubungi Kami Melalui Whatsapp Official Medina Aqiqah

Total Views: 23 ,